Kuliah Jurusan TI di Luar Negeri Image result for Study IT

Di era serba digital ini, tak mengherankan jika kuliah di jurusan TI (Teknologi Informasi) cukup menjanjikan. Hadirnya tekhnologi di tengah-tengah kita menjadikan hidup terasa lebih praktis dan mudah. Dulu orang-orang harus keluar rumah untuk membeli bermacam produk seperti makanan, pakaian, alat elektronik, atau kebutuhan lainnya. Dengan perkembangan tekhnologi yang begitu canggihnya seperti sekarang ini, segala hal bisa dilakukan dengan cepat. Mau beli baju bisa belanja online, mau makan tinggal delivery. Orang-orang dibalik “ide” menginstankan hal-hal yang tadinya menguras waktu dan tenaga menjadi sekedar “klik” dari jari tangan kita tentulah anak-anak IT. Bisa bayangkan bagaimana dunia akan berubah lima atau mungkin sepuluh tahun kedepan dengan terus berkembangnya tekhnologi?

Para pengusaha konvensional mulai melirik penggunaan tekhnologi sehingga terciptalah banyak lapangan pekerjaan bagi lulusan IT. Pekerjaan-pekerjaan yang memungkinkan bagi lulusan IT antara lain : Programmer, Mobile Programmer, Software Engineer, System Analyst, Konsultan IT, Inteligent System Developer, Game Developer, Web Designer, dan masih banyak lagi. Jenis pekerjaan-pekerjaan tersebut tentunya berpenghasilan besar. Seperti dikutip dari jurnalweb.com, rata-rata gaji staf IT seperti Application Developer sekitar Rp 1.2 – 27juta, System Engineer sekitar Rp 1-26.5 juta, sementara untuk selevel manager information system, gajinya bisa mencapai 50jutaan. Range gaji tersebut untuk gaji di Indonesia. Kebayang dong gimana kalau kalian bisa dapat kerjaan di luar negeri?

Jurusan IT sendiri masuk dalam skill yang dibutuhkan di beberapa negara seperti di Australia dan New Zealand. Berikut sekolah di luar negeri yang bisa kamu pertimbangan untuk kuliah di jurusan IT :

Australian Technical & Management College (ATMC)

Image result for ATCM australia

Berlokasi di Melbourne and Geelong, ATMC menawarkan jurusan TI mulai dari jenjang Certificate IV dengan biaya kuliah sekitar $6,500 atau Rp 68.9 juta pertahun.

ATMC bekerjasama dengan beberapa universitas negeri di Australia seperti :

• University of the Sunshine Coast (Dalam 10 tahun terakhir masuk dalam top 20% kualitas pengajaran)
• Federation University Australia ( Universitas regional terbesar di Australia, masuk dalam 5 stars teaching ranking selama 6 tahun terakhir)
• Charles Darwin University ( Ranking 2% di dunia

ATMC bertujuan untuk membantu siswa mencapai karir yang sesuai dengan bidang pilihan mereka. Saat ini ada lebih dari 500 mahasiswa internasional yang belajar S1 di ATMC.
Fasilitas yang tersedia di kampus ATMC sangat mendukung kegiatan siswa, mulai dari beragam sistem operasi (seperti XP, Linux dan UNIX) sampai perangkat lunak aplikasi high end (seperti .NET, Java Enterprise, Case Tools dll), ATMC memberikan pelatihan di semua area ini.

Victoria University Sydney

Image result for victoria university sydney rankingJika rencana studimu adalah kuliah jurusan TI ke Australia, Victoria University Sydney juga bisa kamu pertimbangkan. Victoria University masuk dalam 2% universitas teratas di dunia menurut Times Higher Education World University Ranking.

Sebagai salah satu dari 39 universitas negeri di Australia, VU adalah salah satu institusi terbesar dan paling beragam di Australia. VU memiliki lebih dari 14.000 siswa internasional dan jumlah alumni mencapai 225.000 dengan 28.760 orang yang berada di luar negeri.

Asia Pacific University (APU) Malaysia

Image result for apu university malaysia ranking
APU Malaysia menawarkan pendidikan yang berkualitas dengan biaya hidup yang lebih terjangkau untuk kamu yang ingin ambil jurusan TI. Letak geografisnya yang tidak terlalu jauh dari Indonesia, budaya dan iklimnya yang yang tidak berbeda jauh dengan kita tentu membuat kita lebih mudah untuk beradaptasi.

School of Computing & Technology di APU menawarkan program 3 tahun dual degree. APU bekerjasama dengan Staffordshire University, United Kingdom, yang membuatmu mendapatkan dua ijazah dan transkrip : satu dari APU dan satu dari Staafordshire University.

Cek: info lengkap tentang APU Malaysia

Tennessee Technological University USA

Image result for Tennessee Technological University USA
TTU adalah salah satu universitas negeri terkemuka menurut U.S menurut U.S. News & World Report.
Terletak di Cookeville, TN, Tennessee Tech sekarang menjadi universitas teknologi utama negara bagian. Berdasarkan total biaya dan pendapatan alumni, TTU memberi siswa pengembalian investasi tertinggi untuk universitas negeri manapun di negara bagian dan di Tennessee.

Program yang bisa kamu pilih diantaranya:
• Computer Science, Cyber-Security Consentration
• Computer Science, Data Science
• Computer Science, Paraller, Distributed, and High Performance Computing
• Computer Science, Software and Scientific Application Concentration

Dublin City University Ireland

Image result for Dublin City University Ireland rankingKamu bisa kuliah jurusan TI di DCU jika ingin merasakan kuliah di salah satu negara di benua Eropa.

Beberapa fakta tentang DCU yang kamu perlu tahu :
• DCU adalah universitas dengan pertumbuhan tercepat di Irlandia
• Universitas muda terkemuka di pulau Irlandia. (QS Top 50 Under 50)
• Memiliki lebih dari 50.000 lulusan dan terus bertambah
• Universitas pertama di Irlandia mengenalkan penempatan kerja (Intra) sebagai bagian dari program gelar
• Hampir 70% siswa mengambil bagian dalam penempatan kerja Intra atau belajar di luar negeri.
• 22% populasi siswa kami adalah siswa internasional yang mewakili lebih dari 110 kebangsaan yang berbeda

Keunggulan DCU diakui secara internasional dan secara reguler ditampilkan di antara universitas muda terkemuka di dunia. Pada 2016 QS Top 50 dari universitas-universitas muda terkemuka di dunia, peringkat DCU naik dua tempat ke posisi 44 di dunia.

QA Higher Education UK

Image result for QA Higher Education UK

QA Higher Education berpartner dengan 3 universitas di UK : Ulster University, Northumbria University Newcastle, dan University of Roehampton London.
QA dianggap telah memberikan pelatihan IT dan Manajemen Proyek terkemuka di industri. Secara total, QA bekerja dengan 6.000 klien termasuk 80% FTSE 250.

Program QA memadukan pelatihan berkualitas tinggi dengan pengalaman dunia nyata di tempat kerja, dan dirancang untuk meningkatkan bakat lokal dengan pelatihan yang relevan dengan peran pekerjaan mereka. Berbagai program mereka mencakup kualifikasi dan akreditasi yang diakui industri dari City & Guilds, Microsoft, CompTIA, ACA dan APM.

Cek: Info lengkap tentang QA Higher Education

Baca juga:

Kuliah Bisnis di Luar Negeri

Kuliah Perhotelan di Luar Negeri

Tertarik untuk daftar di salah satu universitas diatas?
Isi form online berikut :