United Kingdom of Great Britain and Northern Ireland atau lebih akrab disebut Inggris ini merupakan negara maju di Eropa yang memiliki empat negara kecil yang termasuk di dalamnya, yakni England, Scotland, Wales, dan Northern Ireland.

Dalam hal pendidikan, Inggris terkenal dengan kualitasnya. Di Inggris terdapat dua universitas tertua dan paling prestisius di Inggris yaitu Universitas Oxford dan Cambridge yang paling diburu oleh pelajar dari seluruh dunia. Lebih dari 400.000 pelajar internasional pergi ke Inggris untuk belajar setiap tahunnya.

Berikut alasan mengapa pelajar dari seluruh dunia memilih Inggris sebagai tujuan belajar mereka.

Biaya Terjangkau

Siapa bilang kuliah di Inggris mahal? Times Higher Education pernah menerbitkan artikel berjudul “Top 10 most expensive countries to study (Tuition fees and living costs listed are annual)” di halaman web ini: https://www.timeshighereducation.com/student/news/best-value-places-study-abroad

Berdasarkan artikel tersebut, biaya kuliah dan biaya hidup di Inggris berada di urutan ke 6 setelah Amerika, Australia, Selandia Baru, Kanada dan Hong Kong. Biaya kuliah dan biaya hidup di Inggris juga tidak jauh beda dengan Singapore.

Kualitas Pendidikan

Inggris adalah rumah bagi banyak perguruan tinggi kelas dunia. Pada tahun 2018, terdapat empat universitas di Inggris termasuk dalam peringkat 10 besar universitas terbaik di dunia berdasarkan QS World University Rankings 2018.

Kualitas pendidikan Inggris selain dilihat dari ranking dunia, tercatat 38% dari pemenang nobel adalah lulusan universitas di Inggris dan Inggris juga banyak menghasilkan literatur penelitian setiap tahunnya.

Durasi Studi Singkat

Berbeda dengan Indonesia atau banyak negara lainnya, durasi studi di Inggris lebih singkat. Untuk meraih gelar Sarjana, siswa hanya memerlukan waktu 3 tahun. Sementara untuk meraih gelar Master atau Pascasarjana hanya memerlukan 1 tahun atau bahkan 9 bulan.

Multikultural, Destinasi Atraktif dan Sepak Bola

Dengan tingginya jumlah pelajar internasional, negara ini menjadi negara multikultural yang cocok untuk Anda menambah relasi dan tentunya wawasan.

Dari segi keindahannya, Inggris adalah negara dengan jumlah pengunjung/turis yang tinggi. Hal ini disebabkan oleh Inggris yang memiliki destinasi atraktif dan menarik untuk dikunjungi.

Tidak kalah penting, sepak bola adalah salah satu faktor yang membuat pelajar tertarik untuk belajar di Inggris.

Kerja Sambil Kuliah

Pemegang visa pelajar Tier 4 General Visa berhak untuk bekerja sambil kuliah selama 20 jam dalam satu minggu.

Kerja Setelah Lulus dan Kesempatan PR

Bagi Anda yang ingin kerja setelah lulus kuliah, jangan khawatir, kesempatan ini terbuka lebar. Gaji minimum untuk level internship atau entry level adalah 20.800 GBP per tahun.

Selain itu Inggris juga membuka peluang untuk Anda yang ingin menjadi penduduk tetap.