Mau kuliah ke luar negeri tapi bahasa Inggrisnya kurang jago? Atau kamu suka tantangan? Terlalu jago bahasa Inggris dan ingin tambah bahasa baru? Studi.co.id punya sederet negara yang cocok untuk kamu.

 

KOREA SELATAN

Negeri ginseng ini dalam beberapa tahun terakhir begitu terkenal dengan musik dan filmnya. Namun tahukah kamu tingkat kepopuleran Korea Selatan sebagai tujuan kuliah di luar negeri juga semakin meningkat di Asia. Sesuai laporan dari NIIE (National Institute of International Education), yang berafiliasi dengan menteri pendidikan Korea Selatan, terdapat kenaikkan jumlah pendaftaran siswa asing di Korea Selatan sebesar 18.8%. Pada akhir tahun 2017, jumlah siswa internasional di Korea Selatan mencapai 123,850.

 

Bagi KPOPers akut boleh jadi Korea Selatan adalah tujuan studi yang paling cocok. Programnya kebanyakan berbahasa Korea. Bagi yang tidak mempunyai kemampuan bahasa Korea sama sekali, kamu bisa belajar bahasa Korea nya dulu selama 6 bulan atau 1 tahun. Berita baiknya banyak universitas yang menawarkan beasiswa bagi mahasiswa internasional.

 

CHINA     

China menjadi salah satu negara yang memiliki kekuatan pengaruh ekonomi besar, termasuk di Indonesia. Biaya kuliah di China sangat terjangkau, karena pemerintah China sendiri memberikan subsidi bagi rakyat dan pelajar asing.

Memutuskan untuk belajar ke China, artinya kamu akan belajar bahasa baru yakni Mandarin. Penting untuk mempelajari bahasa ini, karena Mandarin adalah salah satu bahasa yang paling banyak digunakan di dunia.

Setiap tahunnya negeri tirai bambu ini menerima pelajar internasional dengan kemampuan bahasa Inggris standar namun dapat menguasai bahasa China dengan baik. Maka seperti “Tuntutlah ilmu hingga ke negeri China.”

 

JERMAN

Berdasarkan berbagai survey, Jerman adalah salah satu negara tujuan studi favorit pelajar Indonesia. Salah satu alasannya adalah karena biaya kuliah di universitas negeri Jerman sangat murah, biaya hidup di sana tidak terlalu mahal, visa yang memperbolehkan pelajar untuk keliling Eropa, dan kesempatan kerja sambil kuliah yang masih terbuka. Tidak kalah penting, banyak pelajar memutuskan kuliah ke Jerman karena kecintaan mereka terhadap sepak bola.

Persyaratan untuk masuk universitas negeri di Jerman yang paling penting adalah kemampuan bahasa Jerman yang baik. Selain itu, meskipun sekarang sudah ada beberapa program yang diajarkan dalam bahasa Inggris, apabila kamu tinggal di Jerman, kamu tidak akan menemukan banyak penduduk lokal yang bisa berkomunikasi bahasa Inggris. Sehingga kemampuan bahasa Jerman adalah penentu untuk kuliah dan tinggal di sana.

 

PERANCIS           

Negara yang dijadikan lokasi pembuatan film “Eiffel I’m in Love” ini disebut-sebut sebagai salah satu negara paling romantis di dunia. Tidak sedikit pelajar internasional yang rela belajar bahasa Perancis sejak SMA di Indonesia, supaya bisa masuk perguruan tinggi negeri di Perancis. Sama seperti Jerman, Perancis juga menawarkan biaya kuliah yang terjangkau.

Lagi-lagi keuntungan kuliah di Eropa adalah kamu bisa keliling negara-negara Eropa yang tidak kalah eksotisnya. Bahasa Inggris di Perancis tidak diperlukan sama sekali.

 

RUSIA

Kalau kamu tidak PD dengan kemampuan bahasa Inggrismu, kamu juga boleh mulai belajar bahasa Rusia. Tidak perlu belajar di Indonesia, negeri beruang merah ini menyediakan kelas persiapan bahasa bagi pelajar internasional selama satu tahun.

Tidak sedikit program beasiswa yang menggratiskan studi bahasa di sana, terutama untuk program master. Jadi jangan jadikan biaya sebagai alasan untuk kamu tidak bisa kuliah.

 

ITALIA

Walaupun saat ini sudah ada beberapa program internasional, kebanyakan program di universitas-universitas Italia masih berbahasa Itali. Italia sangat cocok untuk kamu yang kewalahan dengan bahasa Inggris.

Italia menjadi salah stau negara yang menawarkan program dengan biaya yang terjangkau, bahkan gratis 100%. Selain biaya terjangkau, tidak sedikit universitas yang menawarkan beasiswa yang bisa dipakan sebagai uang saku.

Bagi kamu yang suka jalan-jalan, kota-kota Itali adalah kota-kota tua yang unik dan banyak dikunjungi turis internasional. Tak kalah penting, wisata kuliner adalah agenda wajib bagi kamu pecinta foodie.

 

Selamat mencoba & semoga bermanfaat.