Coursera Plus 3000+ world-class courses from the world's top universities, all in one subscription. (720x1280)

Biaya hidup menjadi salah satu fakror yang sering menjadi pertimbangan siswa dan orang tua sebelum memutuskan untuk kuliah di luar negeri. Meskipun gaya hidup menjadi penentu besar atau kecilnya biaya yang dikeluarkan, biaya akomodasi adalah biaya yang biasanya paling besar jika dibandingkan dengan biaya makan atau transportasi. Sehingga memilih akomodasi yang tepat menjadi sangat penting bagi mahasiswa internasional.

Berikut adalah pilihan akomodasi beserta kelebihan dan kekurangannya bila Anda memilih tipe akomodasi tersebut.

DORMITORI / ASRAMA KAMPUS

Kebanyakan institusi pendidikan seperti universitas atau college memiliki asrama atau dormitori. Keuntungan tinggal di asrama kampus adalah letaknya yang berada di dalam kampus, sehingga mahasiswa tidak perlu menggunakan transportasi lagi untuk ke kampus.

Sama seperti tipe akomodasi lainnya, biasanya terdapat beberapa jenis kamar yang bisa dipilih oleh mahasiswa. Mulai dari single atau satu kamar untuk satu orang, sharing satu kamar dua orang atau lebih. Kamar mandi pun ada yang sudah menyatu di dalam kamar, ada yang sharing dengan penghuni kamar lain.

Selain tipe kamarnya, asrama juga biasanya terbagi menjadi asrama dengan atau tanp[a katering. Hal ini juga menentukan biaya sewanya. Namun meskipun tanpa katering, mahasiswa yang tinggal di dalam kampus bisa dengan mudah menemukan makanan di kantin kampus yang harganya sesuai standar kantong mahasiswa.

Asrama kampus pada umumnya lebih diprioritaskan untuk mahasiswa tahun pertama. Banyak fasilitas asrama yang harus digunakan bersama-sama seperti dapur, ruang duduk, dan berbagai fasilitas lainnya.

APARTMENT ATAU FLAT            

Bagi pelajar yang memilih untuk tinggal di luar kampus, apartment atau flat adalah salah satu pilihan yang popular. Dalam satu apartment biasanya terdapat 2 atau 3 kamar, dengan ruang tamu dan dapur yang digunakan bersama.

Akomodasi jenis ini biasanya lebih luas dan lebih banyak pilihannya. Selain itu lokasi nya pun bisa dipilih yang tidak jauh dari pusat kota, tetapi juga tidak sulit untuk menjangkau kampus.

Tinggal di apartment bisa jadi kesempatan bagus untuk Anda banyak memasak sendiri. Meski demikian, tentu Anda boleh memilih untuk makan di luar.

HOMESTAY          

Homestay menjadi pilihan bagi Anda yang menginginkan untuk tinggal bersama keluarga lokal. Hal ini memiliki banyak keuntungan terutama dalam mengenal budaya lebih cepat. Bagi Anda yang merasa membutuhkan lebih banyak waktu untuk berlatih bahasa mereka pun, homestay bisa jadi pilihan yang tepat.

Tidak sedikit akomodasi jenis ini yang lokasinya sedikit lebih jauh dari kampus atau pusat kota. Selain itu, Anda juga akan terikat dengan peraturan rumah pemilik. Yang penting untuk diingat adalah mengenai apa-apa yang sudah termasuk dalam biaya yang Anda bayarkan, seperti listrik, makan, laudry, dll.