POPULASI

Coursera Plus 3000+ world-class courses from the world's top universities, all in one subscription. (720x1280)

Swedia adalah negara dengan 10 juta orang penduduk di dalamnya, dan di antaranya sekitar 2 juta orang berusia di bawah 18 tahun. Delapan puluh lima persen dari mereka tinggal di kota.

Dikenal sebagai negara yang sangat multikultural, 15 persen orang Swedia lahir di negara lain, dan sekitar satu dari lima anak di Swedia memiliki keluarga yang berakar di negara lain.

GEOGRAFI

Ibukota Swedia, Stockholm, yang juga merupakan kota terbesar di negara itu, memiliki lebih dari 950.000 penduduk. Kota-kota besar lainnya adalah Gothenburg, di Swedia barat (populasi 570.000), dan Malmo (populasi 340.000) di selatan. Selain itu Uppsala dan Lund adalah kota universitas yang terkenal. Kurang dari tiga persen dari luas tanah Swedia dihabiskan untuk pembangunan dan 69 persen dari negara itu merupakan hutan.

 

CUACA & MUSIM

Kebanyakan orang berpikir tentang musim dingin ketika mereka mendengar tentang Swedia. Tetapi karena Arus Teluk yang hangat, iklim di Swedia bisa jauh lebih ringan dari yang kita duga.

Swedia memiliki 4 musim. Musim semi berlangsung dari Maret / April hingga Mei, musim panas dari Juni hingga Agustus, Musim gugur dari September hingga Oktober / November dan musim dingin dari November / Desember hingga Maret / Februari.

Musim dingin di sana harinya pendek sekali. Paling ekstrem matahari terbit 8.40, terbenam 14.50 dengan suhu dibawah 0. Sebaliknya saat musim panas, harinya panjang sekali. Bagi yang berpuasa, kebetulan musim panas bisa jadi hingga 19-20 jam.

 

BAHASA

Swedish atau bahasa Swedia adalah bahasa resmi yang digunakan di Swedia. Sebagian besar orang Swedia juga berbicara bahasa Inggris, dan umumnya ke tingkat yang sangat tinggi. Banyak organisasi multinasional Swedia menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa perusahaan mereka, dan sejumlah besar program gelar sarjana dan kursus diajarkan dalam bahasa Inggris. Selain bahasa Swedia, terdapat banyak bahasa yang digunakan di Sweia. Yang terbesar, setelah Swedia, adalah Finlandia, Serbo-Kroasia, Arab, Kurdi, Spanyol, Jerman, dan Persia.

 

PEMERINTAHAN

Sistem pemerintahan Swedia adalah demokrasi parlementer. Parlemen Swedia disebut Riksdag, yang anggotanya dipilih setiap empat tahun. Kepala negara Swedia sejak 1973 adalah Raja Carl XVI Gustaf.

Dia tidak memiliki kekuatan politik, tetapi mewakili negara dan melakukan tugas seremonial. Swedia adalah anggota Uni Eropa, tetapi memiliki mata uang sendiri, krona, atau mahkota Swedia.

 

GAYA HIDUP

Orang Swedia adalah pelajar dan pekerja keras tetapi mereka juga menganggap istirahat dan relaksasi sebagai hal yang penting. Fika, yang mencakup coffee break yang biasanya terdiri dari kopi atau teh, kue atau roti manis, atau dapat mencakup minuman ringan, buah dan sandwich – adalah bagian penting dari budaya nasional.

Lagom adalah kata yang penting dan sering digunakan di Swedia. Kata ini meringkas cita-cita budaya dan sosial Swedia tentang kesetaraan dan keadilan.

Keterbukaan dan kesetaraan juga merupakan konsep penting. Homoseksual telah resmi sejak 1944, dan pasangan berjenis kelamin sama telah dapat mengadopsi sejak 2003 dan menikah sejak 2009. Negara ini juga adalah yang pertama di dunia dengan kebebasan pers (1766).

 

MENGAPA MEMILIH KULIAH DI SWEDIA?

Universitas unggulan dunia

Banyak universitas di Swedia yang mempunyai reputasi pendidikan yang sangat baik, beberapa di antaranya termasuk dalam jajaran peringkat universitas terbaik di dunia dalam Times Higher Education.

Beberapa universitas terbaik di Swedia ini yaitu Karolinska Institute, Uppsala University, Lund University, Stockholm University, KTH Royal Institute of Technology, dll.

 

Kesempatan kerja bagi mahasiswa internasional

Seperti negara Eropa lainnya, pelajar internasional boleh bekerja sampingan Selain itu, setelah lulus kuliah pun, lulusan diperbolehkan untuk memperpanjang ijin tinggal hingga 6 bulan untuk mencari pekerjaan tetap.

 

Metode pengajaran yang baik

Metode pengajaran yang diutamakan adalah mendorong pemikiran yang independen, kreatif dan kritis. Berdasarkan pengalaman pelajar Indonesia di Swedia, di setiap mata kuliah dihadirkan dosen tamu dari industri yang materinya sesuai dengan materi yang diajarkan saat itu.

 

Lingkungan yang indah

 Menurut studi yang dilakukan oleh RobecoSAM tahun 2015, Swedia dinobatkan sebagai “the most sustainable country in the world”. Swedia mampu melakukan penghematan dan pendaurulangan energi secara baik, selain itu negara ini juga sangat menjaga lingkungan dan penghijauan alam nya.

 

Pengggunaan bahasa Inggris yang umum

Di Swedia, penggunaan bahasa Inggris sudah sangat umum. Bahkan mata kuliah pelajaran pun diajarkan dalam bahasa Inggris. Pelajar internasional tidak perlu khawatir untuk berkomunikasi selama masa studi maupun dalam kehidupan sehari-hari.

 

BIAYA HIDUP

Biaya hidup yang dihabiskan bisa bergantung pada kota yang ditinggali serta pengeluaran masing-masing. Secara umum, berikut rincian biaya hidup per bulan di Swedia:

 

Makanan                                 : SEK 2,000

Akomodasi                              : SEK 4,070

Transportasi & jalan-jalan       : SEK 550

Biaya telpon & internet           : SEK 300

Hobby dll                                : SEK 1,450

 

Total: SEK 8,370 (sekitar €815 atau $925).

 

KESEMPATAN BEASISWA HINGGA 100%

Biaya kuliah di Swedia tergantung pilihan universitas dan program. Sebagai gambaran kisarannya adalah SEK 80.000 per tahun (sekitar 8.300 EUR) hingga SEK 140.000 (atau sekitar 14.000 EUR).

Meski demikian Swedia menawarkan beasiswa bagi pelajar internasional. Beasiswa yang ditawarkan bisa mencapai 100%. Beberapa universitas juga bekerja sama dengan LPDP dan diakui oleh pemerintah Indonesia sebagai universitas dengan kualitas yang baik.

 

BAGAIMANA CARA UNTUK KULIAH DI SWEDIA

Isi form di bawah ini atau hubungi konsultan kami di kantor cabang terdekat