Salah satu persyaratan kuliah ke luar negeri adalah keharusan memiliki skor kemampuan bahasa Inggris seperti IELTS atau TOEFL. Program-program tertentu juga mengharuskan aplikan memiliki nilai GRE, GMAT, SAT atau ACT. Banyak orang tidak memahami perbedaan keenam tes tersebut. Ternyata selain itu masih ada jenis ujian lainnya yang mungkin pernah kita dengar. Berikut penjelasan singkat selengkapnya.

Coursera Plus 3000+ world-class courses from the world's top universities, all in one subscription. (720x1280)

GRE, Graduate Record Examination digunakan untuk masuk ke program MS dan PhD. Tes ini sangat populer di AS dan Kanada. Lebih dari 600.000 calon pelamar sekolah pascasarjana dari sekitar 130 negara mengikuti Tes Umum GRE. 3 skor yang dalam GRE yaitu Verbal Reasoning, Quantitative Reasoning, Analytical Writing.

GMAT Graduate Management Admission Test digunakan untuk masuk ke program MBA. Tersedia di hampir 100 negara, ini adalah penilaian yang paling banyak digunakan untuk penerimaan manajemen lulusan, oleh lebih dari 1900 sekolah bisnis pascasarjana di seluruh dunia. Skor GMAT di antaranya Verbal, Quantitative, Total, dan Analytical Writing Assessment.

TOEFL, Test of English as a Foreign Language. Banyak Universitas dan perguruan tinggi di seluruh dunia menggunakan skor TOEFL untuk menilai kemampuan bahasa Inggris peserta. Skor diterima oleh 7.500 institusi & agensi di lebih dari 130 negara; hampir 1 juta orang muncul setiap tahun di 4.500 pusat tes di 165 negara; 30-40 tanggal tes. 2 format: TOEFL iBT (Internet-based test) and TOEFL PBT (paper-based test). Tes yang paling banyak tersedia; tes yang paling umum digunakan di antara institusi Amerika; menggunakan dan Bahasa Inggris Amerika.

IELTS, International English Language Testing System ini sangat mirip dengan TOEFL. IELTS populer di Inggris, Australia & Kanada. Skor itu juga digunakan untuk tujuan imigrasi (di beberapa negara). Skor diterima oleh 6000+ institusi di lebih dari 135 negara; lebih dari 1,4 juta kandidat muncul setiap tahun di lebih dari 500 pusat ujian; tersedia pada 48 tanggal tetap setahun – hingga 4 kali sebulan. 2 modul Academic & General. Lebih umum di negara-negara dengan koneksi kuat ke Inggris dan menggunakan Bahasa Inggris British.

SAT digunakan di AS untuk memeriksa kesiapan siswa untuk kuliah (gelar BS). Setiap tahun, SAT yang dilakukan oleh College Board melayani tujuh juta siswa, 23.000 sekolah menengah, dan 3.800 perguruan tinggi. SAT menguji keterampilan yang Anda pelajari di sekolah: membaca, menulis, dan Matematika. SAT berfokus pada logika dan penalaran daripada konten.

ACT adalah ujian untuk prestasi sekolah menengah dan penerimaan perguruan tinggi di AS. ACT mendapatkan popularitas dan pesaing SAT. ACT termasuk bagian sains yang dirancang untuk menguji keterampilan membaca dan bernalar, dan menguji matematika tingkat yang lebih tinggi daripada SAT (trigonometri serta aritmatika dasar, aljabar I dan II, dan geometri diuji pada SAT

GED, General Educational Development Test adalah kelompok dari empat tes mata pelajaran yang, ketika lulus, memberikan sertifikasi bahwa peserta tes memiliki keterampilan akademik tingkat sekolah menengah atas Amerika Serikat atau Kanada. Ini adalah alternatif dari diploma sekolah menengah AS.

USMLE The United States Medical Licensing Examination. adalah ujian untuk lisensi kedokteran di Amerika dan Kanada. Ujian ini menguji kemampuan seorang dokter dalam menerapkan ilmu-ilmu yang telah dipelajari semasa kuliah kedalam dunia praktek kedokteran yang sebenarnya. Proses ujian dibagi dalam 3 tahap. tahap pertama menilai pengetahuan sains dan praktek dasar dalam bidang medis. Tahap kedua menguji kemampuan dokter untuk berinteraksi dengan pasien. Tahap ketiga menguji apakah dokter tersebut bisa memberikan perawatan medis yang profesional dan sesuai dengan keadaan pasien.

The Preliminary SAT (PSAT) merupakan versi praktik dari SAT, tetapi juga dapat menghasilkan lebih banyak uang untuk kuliah. Orang yang berprestasi tertinggi dalam ujian ini memenuhi syarat untuk mendapatkan beasiswa.

Skor LSAT digunakan untuk mendapatkan izin masuk ke sekolah hukum. LSAT mengukur keterampilan membaca dan penalaran verbal yang dapat digunakan sekolah hukum untuk menilai pelamar. Dari semua tes masuk, saat proses penerimaan, LSAT merupakan yang paling dipertimbangkan oleh perguruan tinggi. Diperkirakan, 110.000 orang mengikuti tes LSAT setiap tahunnya. SKOR LSAT berlaku selama lima tahun.

MCAT The Medical College Admission Test, menilai pemecahan masalah, pemikiran kritis, konsep dan prinsip sains yang merupakan prasyarat untuk studi kedokteran di AS. Mahasiswa di uji berdasarkan pengetahuan mereka tentang sains biologi dan fisika dan alasan verbal. MCAT telah digunakan sebagai bagian dari proses penerimaan selama 80 tahun lebih.

TOEIC Test of English for International Communication, digunakan untuk menunjukkan keterampilan komunikasi di lingkungan profesional. Umumnya TOEIC digunakan untuk 3 kegunaa yaitu corporate perusahaan, sekolah dan instansi pemerintah.

TASC Test Assessing Secondary Completion adalah alternatif untuk ijazah sekolah menengah atas Amerika Serikat yang dipilih oleh negara bagian New York dan Indiana sebagai pengganti ujian GED, efektif 2 Januari 2014.

TESOL Teaching English to Speakers of Other Languages certification adalah apa yang Anda butuhkan jika Anda berencana untuk menjadi guru EFL atau ESL baik di kelas atau online. Termasuk mengajar bahasa Inggris sebagai bahasa asing (seperti dalam contoh Cina) serta mengajar bahasa Inggris sebagai bahasa kedua (TESL) seperti contoh di AS.

PTE, Pearson Test of English tes bahasa Inggris untuk belajar di luar negeri dan imigrasi. Diakui oleh 1780 program di 719 institusi tetapi sebagian besar di Inggris (323 institusi), USA (232) & Australia. Memiliki 155 pusat Tes di 44 negara. Rentang Skor Keseluruhan adalah 10-90 poin. Dapat dijadwalkan dalam waktu singkat, menjanjikan skor dalam 5 hari; skor dikirim ke institusi tanpa batas; menggunakan apa yang disebut ‘internasional English’.

Untuk mengetahui tes mana yang perlu diikuti, setiap program universitas memberikan persyaratan yang berbeda. Skor setiap tes rata-rata tersedia dalam waktu beberapa hari atau lebih lama dari itu, maka jangan lupa untuk mengikuti tes jauh-jauh hari sebelum aplikasi universitas ditutup. Bagi yang masih kelas X atau XI SMA, ini adalah waktu yang tepat untuk mempersiapkan tes yang dibutuhkan.