Jika kamu memilih Malaysia sebagai tempat untuk melanjutkan studi maka kamu akan berada di antara 122.061 siswa internasional lainnya dari 160 negara yang belajar di sini (Data Malaysian Higher Education, MOHE).

Coursera Plus 3000+ world-class courses from the world's top universities, all in one subscription. (720x1280)

Tetapi jika Anda belum memutuskan, kami akan memberi tahumu sedikit lebih banyak tentang Malaysia dan mengapa negara ini bisa ideal untuk belajar.

TENTANG MALAYSIA                              

Peninsular Malaysia atau West Malaysiaterdiri dari 11 bagian, yaitu, Johor, Kedah, Kelantan, Melaka, Negeri Sembilan, Pahang, Perak, Perlis, Penang, Selangor dan Terengganu. Bersama dengan Sabah dan Sarawak (berlokasi di Malaysia Timur), mereka membentuk 13 negara bagian Malaysia. Ada tiga Wilayah Federal yaitu, Kuala Lumpur – ibukota Malaysia; Putrajaya – Pusat Administrasi Pemerintah Federal; dan Labuan – pulau ‘bebas pajak’ yang terletak di lepas pantai Sabah.

Negara ini adalah negara Monarki konstitusional, demokrasi parlementer. Meski bahasa resminya adalah bahasa melayu, sudah banyak orang yang menggunakan bahasa Inggris dalam keseharian penduduknya Luas daerahnya adalah 328, 657 km persegi dan hari kemerdekaannya adalah 31 August 1957.

Dari sekitar 31 juta populasi, ras yang mendominasi adalah melayu, china, dan india. Negara dengan ibu kota Kuala Lumpur ini memiliki 2 musim sama seperti Indonesia, dengan temperatur berkisar antara 210C hingga 330C.

UNIVERSITAS BERKUALITAS

Terdapat 9 universitas Malaysia yang berhasil masuk 1.000 universitas terbaik di dunia berdasarkan Times Higher Education tahun 2018. Berdasarkan World University Rankings, 5 universitas Malaysia dengan ranking terbaik adalah Universiti Malay (UM), Universiti Kebanggaan Malaysia (UKM), Universiti Putra Malaysia (UPM), Universiti Sains Malaysia (USM) dan Universiti Teknologi Malaysia (UTM).

Semua universitas atau perguruan tinggi di sana dipastikan punya akreditasi dan reputasi yang bagus dan diakui oleh negara karena hal ini merupakan program dari pemerintahnya.

Malaysia memiliki jurusan-jurusan yang masih jarang ada di Indonesia seperti Human Development, Corporate dan Marketing Communication, Teknobiomedik, Ilmu Aktuaria, Teknik Ekonomi Konstruksi, Fashion Marketing, Game Development dan Multimedia Arts.

Program pendidikan di Malaysia mengadopsi program pendidikan dari Inggris sehingga mahasiswa bisa mendapatkan akses yang baik terhadap sistem edukasi global.

BIAYA KULIAH TERJANGKAU

Biaya kuliah di Malaysia tidak jauh dibanding Indonesia.Untuk S1, kuliah di jurusan kedokteran adalah yang paling mahal diikuti dengan jurusan teknik, IT dan bisnis. Biaya S1 (3-4 tahun) untuk kuliah jurusan bisnis di universitas negeri berkisar Rp50 juta-100 juta, sedangkan di swasta bisa Rp200 juta-300 juta. Sedangkan untuk teknik atau IT, biaya di universitas negeri adalah sekitar Rp50 juta-130 juta dan untuk swasta ada di kisaran Rp200 juta-500 juta.

BIAYA HIDUP TERJANGKAU

Biaya hidup rata-rata mahasiswa menghabiskan Rp50 juta-60 juta per tahunnya.

WAKTU PENDAFTARAN

Tahun akademik perkuliahan di Malaysia dimulai pada bulan September,maka aplikasi harus sudah terkumpul sekitar 3 bulan sebelumnya. Setelah diterima pun mahasiswa baru masih harus memp[roses pendaftaran visa yang mungkin bisa diproses selama 1 bulan.

DOKUMEN

Setiap universitas juga punya persyaratan yang berbeda, namun secara umum beberapa persyaratan dokumen yang harus kamu siapkan adalah:

  • Form Aplikasi
  • Rapor kelas 9 – 12
  • Ijazah SMA
  • Passport
  • Foto
  • Fotokopi SKHUN (Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional)
  • Fotokopi KTP
  • Foto diri 4×6, latar belakang putih, 6 lembar
  • Nilai minimum IELTS: 4-6.5
  • Aplikasi dormitori
  • Form kesediaan melakukan medical check up

STUDENT PASS

Visa Belajar di Malaysia disebut sebgai Student Pass. Setidaknya ada 2 tahap pembuatan Student Pass. Yang pertama adalah VAL (Visa Approval Letter) yang biasanya diproses langsung oleh sekolah di Malaysia. Selanjutnya Single Entry Visa (SEV) yang diproses di kedutaan malaysia di Jakarta.

Setelah SEV ini di tangan, maka kamu hanya perlu merencanakan keberangkatan ke Malaysia dan memulai studi di sana.

Dapatkan informasi lengkap, atau daftar ke universitas di Malaysia dengan mengisi form di bawah: